Jakarta, CNN Indonesia -- 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan Indonesia baru saja memperkuat kerja sama dagang dengan para negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) di forum ASEAN Economic Community Council (AECC) yang diselenggarakan oleh Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Acara diadakan secara virtual pada Selasa (10/11) ini.

Dalam forum itu, ada sejumlah hal yang dibahas dan sudah disepakati. Pertama, Indonesia dan ASEAN menyepakati tujuh dari 13 pembahasan prioritas.

Sedangkan sisanya akan diselesaikan secara bertahap. Rinciannya, satu prioritas akan diselesaikan pada RCEP Summit, tiga prioritas masih berstatus on going, namun diharapkan selesai sebelum 2020, dan dua prioritas lain on going dan diharapkan selesai Januari 2021.

"Indonesia mendorong penyelesaian enam prioritas yang tersisa terkait transformasi digital dan revolusi industri 4.0 dengan penyusunan road map dan rencana aksi mendorong smart manufacturing di ASEAN, serta guide line dan road map pembangunan 5G di ASEAN agar ASEAN menjadi kawasan berdaya saing, modern, dan punya daya tahan yang tinggi," ungkap Airlangga saat konferensi pers kepada awak media secara virtual.

Kedua, para negara ASEAN juga menyepakati cetak biru dari pelaksanaan lanskap strategi regional dan global serta dampaknya terhadap integrasi ekonomi di kawasan sampai 2025.

Selengkapnya CNN Indonesia