Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri menghadiri secara virtual sejumlah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dengan negara-negara mitra, Sabtu (14/11) di Istana Bogor, Jawa Barat. KTT tersebut diselenggarakan di Vietnam.

Pertemuan pertama yang akan dihadiri Jokowi yaitu KTT ASEAN-Selandia. Setelah itu, akan menghadiri KTT dua tahunan ke-2 ASEAN-Australia, KTT ke-23 ASEAN Plus Three (APT), dilanjutkan Pertemuan Pemimpin APT dengan Perwakilan East Asia Business Council (EABC).

Selanjutnya pada sore hari, Mantan gubernur DKI Jakarta tersebut akan menghadiri upacara peluncuran ASEAN Smart Logistics Network (ASLN) with First Project "Vihn Phuc ICD Logistics Center (SuperPort)". Sedangkan pada malam harinya, Presiden akan menghadiri KTT ke-15 Asia Timur.

Dalam pertemuan pertama, Jokowi mendorong penguatan kemitraan ASEAN-Selandia Baru dalam beberapa isu. Dia menilai hubungan Selandia Baru dengan negara-negara Pasifik Selatan cukup kuat. Untuk itu, Indonesia dan ASEAN juga ingin memperkuat kemitraan dengan negara-negara Pasifik Selatan.