Jakarta - Indonesia menyatakan dukungan untuk transformasi digital di kawasan Asia Tenggara, yang dituangkan dalam ASEAN Leaders’ Statement on Advancing Digital Transformation in ASEAN. Hal itu disampaikan langsung Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate pada Rabu, 20 Oktober 2021.

"Pemerintah Indonesia terus mendorong kerja sama yang lebih intensif di antara negara-negara sahabat di Kawasan Asia Tenggara agar bersama-sama kita dapat mengatasi berbagai tantangan, baik di masa pandemi COVID-19 maupun di masa mendatang," kata Johny dalam konferensi pers virtual The 20th ASEAN Economic Community (AEC) Council Meeting: Interface Between the AEC Council and the ASEAN Digital Ministers.

ASEAN Leaders’ Statement on Advancing Digital Transformation in ASEAN digagas oleh Brunei Darussalam selaku ketua ASEAN tahun ini.

Pernyataan tersebut fokus pada beberapa hal, antara lain pendalaman kerja sama antar badan sektoral dan Pilar Komunitas ASEAN untuk transformasi digital yang inklusif dan akseleratif, penguatan kerja sama keamanan siber yang dikoordinasi oleh ASEAN Cybersecurity Coordinating Committee dan penerapan ASEAN Digital Masterplan 2025.