Jakarta - 

Ekonomi Negara tetangga, Singapura resmi memasuki jurang resesi ekonomi setelah pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 ini mengalami kontraksi yang cukup dalam di angka minus 41,2%. Bayang-bayang ini diyakini akan menghantui negara Asean lainnya termasuk Indonesia yang juga akan mengalami nasib yang sama sebagai dampak pandemi COVID-19.

IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II-2020 diperkirakan akan minus di kisaran 3,5%-5,1% dengan titik tengah 4,3%. Kuartal III-2020 diperkirakan minus 3% dan kuartal IV-2020 akan minus 2% dengan demikian pertumbuhan ekonomi tahun 2020 diperkirakan minus 2%.

Sebagaimana diketahui, jika pertumbuhan ekonomi satu negara mengalami kontraksi dalam dua kuartal berturut-turut maka dipastikan memasuki jurang resesi ekonomi yang akan menimbulkan semakin bertambahnya gelombang PHK dan pengangguran, daya beli masyarakat semakin menurun, kemiskinan semakin bertambah karena banyak masyarakat yang kehilangan mata pencaharian dan pelaku UMKM akan bertumbangan.

Selengkapnya Detik.com