Jakarta, Indonesia - Presiden RI Joko Widodo menghadiri Peringatan HUT ke-56 ASEAN yang berlangsung di Nusantara Hall, Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta (8/8). Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengingatkan kembali tujuan utama pembentukan ASEAN 56 tahun silam, yaitu mewujudkan kawasan yang damai dan sejahtera.

Presiden Jokowi menekankan bahwa 56 tahun yang lalu, ASEAN didirikan dengan komitmen untuk menjadikan Asia Tenggara sebagai wilayah yang stabil, damai, dan sejahtera. Dalam pidatonya, Presiden menyatakan semangat dan tekad untuk memenuhi tujuan tersebut.

Presiden yakin bahwa dengan persatuan dari semua anggota negara, ASEAN akan mampu mengatasi tantangan dan perubahan dinamika global yang saat ini penuh dengan kesulitan, terutama dalam kondisi ekonomi global yang belum sepenuhnya pulih dan persaingan yang semakin ketat.

Presiden juga menekankan bahwa ASEAN adalah contoh harmoni dari keberagaman, di mana perbedaan antarnegara tidak menjadi penghalang dalam mewujudkan tujuan dan tekad ASEAN.

“ASEAN harus bisa menjadi epicentrum of growth yang memberikan manfaat yang lebih bagi rakyat di kawasan dan dunia,” ujarnya.

Selengkapnya: Kementerian Luar Negeri RI