Hanoi, Beritasatu.com- Perdana Menteri (PM) Vietnam Nguyen Xuan Phuc mendorong upaya bersama negara-negara ASEAN untuk mengendalikan dan mendorong pemulihan berkelanjutan dari pandemi Covid-19.

Nguyen mengusulkan pemanfaatan Dana Tanggap Covid-19 (Covid-19 Response Fund) dan operasionalisasi Cadangan pasokan Medis Kawasan (Regional Reserve of Medical Supplies/RRMS) untuk meningkatkan respon ASEAN dalam menghadapi pandemi.

“Kita perlu secepatnya membantu warga dan bisnis kita untuk memulihkan produksi dan kembali kepada kehidupan normal mereka untuk mempercepat pemulihan ekonomi,” kata Nguyen saat menyampaikan pidato pembukaan Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN atau ASEAN Ministerial Meeting (AMM) ke-53 yang digelar lewat konferensi video (virtual) dari Hanoi, Vietnam, Rabu (9/9).

“Upaya juga harus dibuat untuk memfasilitasi perdagangan dan investasi, memperbaiki rantai pasokan yang terganggu, meningkatkan konektivitas, dan saling mendukung untuk menjembatani kesenjangan pembangunan antar sub-kawasan di ASEAN, termasuk Mekong,” lanjut Nguyen.