Jakarta: Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Regional dikenal dengan istilah RCEP sudah hampir rampung. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyebut kerja sama ini sudah disepakati pimpinan negara ASEAN dan negara mitra lainnya.

"RCEP kita sudah 70 dan 80 persen, juga sudah disepakati oleh pimpinan negara ASEAN dan mitranya, tahun ini juga sudah harus selesai," kata Enggar usai rapat terbatas FTA di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat, 20 April 2018.

Enggar mengusahakan kesepakatan di internal ASEAN terlebih dulu. Ia sadar, kesepakatan ini lebih sulit ketimbang kerja sama perdagangan Indonesia Australia CEPA. Ia bercerita, pertemuan dengan pimpinan ASEAN digelar lebih dulu untuk menyatukan pandangan. Setelah itu, perwakilan ASEAN bernegosiasi dengan negara lain seperti India, Tiongkok, Korea, Jepang, Australia, dan Selandia Baru.

"Memang perbedaannya adalah kalau Australia dan Selandia Baru permintaannya tinggi, sedangkan India rendah. Kita menjembatani selisihnya itu dan Indonesia sebagai negara koordinator," jelas Enggar.