SINGAPURA - Asia Tenggara merupakan rumah bagi beberapa produksi termurah dunia untuk produsen global, menurut indeks peringkat industri baru. China menempati peringkat pertama sebagai lokasi pabrik dengan biaya paling kompetitif diikuti Malaysia, Vietnam dan Indonesia yang berada tidak jauh di belakangnya. 

Hal ini berdasarkan laporan dari perusahaan jasa real estat Cushman & Wakefield yang menilai 48 pasar di seluruh dunia. Selanjutnya India menempati posisi lima besar, ditambah dua negara Asia Tenggara lainnya termasuk dalam 15 lokasi pabrik kompetitif yakni Thailand pada peringkat keenam dan Filipina di peringkat ke-15.

"Sementara China tetap menjadi pusat kekuatan manufaktur global, ketegangan perdagangan AS-Cina adalah seruan bagi banyak perusahaan global untuk secara serius mempertimbangkan diversifikasi rantai pasokan menjadi alternatif murah lainnya di negara-negara seperti Vietnam dan Indonesia," ujar Kepala Riset Perusahaan Singapura dan Asia Tenggara yakni Christine Li seperti dilansir