Jakarta: Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah meyakini bahwa ASEAN bisa lebih baik lagi dengan kerja sama sembilan negara anggota lainnya, terutama dengan Indonesia. "Malaysia tentu bekerja keras sebagai negara anggota ASEAN untuk membuat organisasi ini lebih baik lagi," kata Saifuddin ketika menjadi pembicara di CSIS, Jakarta, Senin 23 Juli 2018.

"Semua isu tentu kita harus diskusikan, termasuk Rohingya. Ini waktunya untuk ASEAN bergerak untuk isu ini," lanjut dia. Saifuddin juga mengatakan, kerja sama tak hanya sebatas antar pemerintah, namun juga masyarakat 10 negara anggota.

Ketika melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi siang tadi di Kementerian Luar Negeri RI, Saifuddin juga menekankan bahwa Malaysia dan Indonesia bisa melakukan peranan yang lebih besar lagi terkait ASEAN.

"Soal HAM, tentu kami bisa terus berjuang bersama dan juga soal demokrasi. Isu-isu penting di luar ASEAN juga menjadi perhatian kami tentunya," ungkap dia. "Saya yakin hubungan yang lebih baik antar anggota ASEAN bisa mendatangkan lebih banyak manfaat untuk rakyat semua negara anggota," tukas dia.

Saifuddin juga sempat memuji bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki peranan penting di ASEAN dan saudara yang baik juga dekat bagi Malaysia.