Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken memuji kepemimpinan Indonesia dalam Organisasi Kerja Sama Negara-Negara Asia Tenggara (Association of South East Asian Nations/ASEAN) dan menekankan pentingnya menyelesaikan krisis di Myanmar dan memulihkan jalan menuju demokrasi.

Blinken menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di Washington DC, Selasa (3/8). Ini adalah pertemuan pertama dalam “Dialog Strategis” yang merupakan sejarah baru dalam hubungan bilateral Amerika-Indonesia. Kedua negara telah membangun Kemitraan Strategis Amerika-Indonesia yang kokoh sejak 2015.

Selain memuji kepemimpinan Indonesia dalam ASEAN, Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Ned Price dalam pernyataan tertulis yang diterima VOA “menyambut baik presidensi Indonesia dalam G20 mendatang, memuji upaya Indonesia mendukung perundingan damai Afghanistan, dan membahas peluang Indonesia untuk meningkatkan ambisi iklimnya.”

Ditambahkan bahwa kedua diplomat tertinggi itu “berkomitmen bekerja sama melawan pandemi global, mengatasi krisis iklim, meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan bilateral, mempertahankan kebebasan navigasi di Laut Cina Selatan, dan melanjutkan kolaborasi dalam keamanan di dunia maya dan mencegah kejahatan di dunia maya.”

Selengkapnya VoA