JAKARTA, iNews.id - McKinsey & Company memperkirakan ekonomi Indonesia bakal pulih paling cepat di ASEAN. Negara dengan ekonomi terbesar di kawasan ini akan kembali pada level sebelum krisis (pre-crisis) Covid-19 pada kuartal IV-2021.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, berdasarkan skenario 1 yang dibuat oleh McKinsey, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini negatif 4 persen. Angka ini lebih baik dibandingkan negara-negara tetangga seperti Malaysia (-9,4 persen), Filipina (-7,7 persen), Singapura (-9,2 persen), dan Thailand (-10,1 persen).

"Berkaitan dengan recovery ekonomi, kita menggunakan skenario satu, di mana skenario satu adalah recovery dan time to return to pre-crisis. Dari skenario satu tersebut, Indonesia merupakan negara yang recovery-nya paling cepat dari negara yang ada di ASEAN," ujar Menperin, Selasa (4/8/2020).

Dalam skenario tersebut, Filipina menyusul di posisi kedua menuju level sebelum krisis Covid-19 pada kuartal I-2022 kemudian Malaysia dan Thailand kuartal IV-2022, lalu Singapura pada kuartal I-2023.