Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan langkah-langkah yang telah dilakukan Indonesia dalam rangka menjaga lingkungan demi mengurangi dampak perubahan iklim. Ini dia ungkapkan saat menghadiri pertemuan virtual dengan para pemimpin negara kawasan ASEAN. 

"Indonesia terus melakukan upaya-upaya konkrit untuk menjaga kelestarian alam sebagai bagian dari kontribusi pengurangan dampak perubahan iklim," kata Luhut dalam Dialog Virtual bertajuk The 7th Singapore Dialogue on Sustainable World Resources Agroforestry for Sustainability: Climate, Conservation, and Communities in Asean, Jakarta, Kamis (5/11/2020).

Beberapa upaya yang telah dilakukan Pemerintah Indonesia melakukan restorasi lingkungan sekaligus menjaga kesejahteraan masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19. Di antaranya lain melalui pemanfaatan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) padat karya untuk program rehabilitasi mangrove, dan restorasi terumbu karang.

Upaya teknis lain yang dilakukan Indonesia dengan mengatasi masalah sampah. Salah satunya penanganan pencemaran Sungai Citarum yang pernah disebut sungai terkotor di dunia.