Liputan6.com, Washington - Beberapa hari lalu, para menteri luar negeri ASEAN bersama dengan menteri luar negeri AS, Mike Pompeo telah mengadakan pertemuan secara virtual yang menegaskan komitmen dari kedua pihak untuk menguatkan kerja sama dalam menghadapi pandemi Corona COVID-19. 

Menlu Pompeo pun kemudian mengeluarkan pernyataan yang menekankan kemitraan tersebut. Ia menjelaskan bahwa ASEAN merupakan mitra strategis bagi AS. "Anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) merupakan mitra strategis abadi kami dalam upaya respons pandemi COVID-19 dan rencana pemulihan ekonomi. Kami berkomitmen untuk melanjutkan kolaborasi dengan ASEAN untuk mengalahkan pandemi ini dan kembali dalam usaha membangun masa depan yang cerah untuk kawasan bersama," tulisnya dalam pernyataan resmi dari Kedutaan AS di Jakarta yang diterima Senin (27/4/2020).

Kedua belah pihak telah menjalin sejumlah kerja sama terlebih selama adanya pandemi ini.  "Kami berterima kasih kepada mitra ASEAN atas dukungan mereka yang berharga dalam berlanjutnya aliran pasokan medis vital ke Amerika Serikat, serta dukungan mereka untuk penerbangan repatriasi. Sebagai contoh, Vietnam mempercepat izin penerbangan charter untuk mengirimkan 2,2 juta jas pelindung diri ke Amerika Serikat, dan kami mengharapkan lebih banyak pengiriman alat pelindung diri (APD) dalam beberapa minggu mendatang."