REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kawasan Asia Tenggara, yang berpusat di Indonesia, telah menambah 70 juta pembeli online baru sejak pandemi dengan penambahan tertinggi berada di Indonesia. Angka itu menurut laporan tahunan Facebook Inc. dan Bain & Co. yang diluncurkan 30 Agustus.

Survei terhadap lebih dari 16.000 orang di Singapura, Malaysia, Filipina, Indonesia, Thailand, dan Vietnam menemukan bahwa adopsi digital berkembang pesat selama pandemi. Hampir 8 dari 10 orang atau 78 persen di antara populasi Asia Tenggara berusia 15 tahun ke atas akan menjadi konsumen digital pada akhir 2021.

Indonesia terus menikmati tingkat pertumbuhan tertinggi di Asia Tenggara, dengan populasi konsumen digitalnya diharapkan tumbuh dari 144 juta pada tahun 2020 menjadi 165 juta pada tahun 2021. Pertumbuhan konsumen digital di Indonesia itu setara dengan 15,2 persen, disusul Vietnam sebanyak 8 persen, Malaysia 5 persen, Filipina 5 persen, Singapura 5 persen dan Thailand 2 persen.

Selengkapnya Republika