JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Bupati Sumenep Busyro Karim meresmikan dan membuka acara Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN (FKMA) 2018 di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, Minggu (28/10/2018).

Dalam acara tersebut, Jokowi bersama Iriana hadir dengan balutan busana Jawa lengkap dengan sendal khas keraton Jawa. Sementara Arief Yahya hadir dengan balutan pakaian adat masyarakat Banyuwangi lengkap dengan ikat kepala berwarna hitam, membuat keanekaragaman Indonesia sangat kental terasa dalam acara ini.

Dalam sambutannya, Jokowi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga persatuan, kerukunan, antara sesama. “Ini momen yang baik karena bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Di momen inilah kita harus menjaga persatuan, kerukunan antara kita. Apalagi Indonesia terdiri dari banyak suku, agama dan ras. Kita harus jaga kebudayaan yang sudah kita pegang,” kata Jokowi.

Joko Widodo juga berharap bangsa Indonesia tidak kehilangan identitas di tengah pesatnya pertumbuhan teknologi.

“Jangan sampai Indonesia semakin maju dalam hal teknologi, tetapi justru mengalami kemunduran moral. Untuk itu kita harus sama-sama menyikapinya. Dengan tidak menyampaikan ujaran kebencian, berita bohong, dan sebagainya. Justru kita harus saling mendukung untuk bangsa,” lanjut Jokowi. Setelah memberikan sambutan, Jokowi didampingi Arief Yahya, Busyro Karim, Sukarwo, memukul gong tanda dibukanya Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat ASEAN 2018.

 

 


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Bupati Sumenep Busyro Karim meresmikan dan membuka acara Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN (FKMA) 2018 di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, Minggu (28/10/2018). Dalam acara tersebut, Jokowi bersama Iriana hadir dengan balutan busana Jawa lengkap dengan sendal khas keraton Jawa. Sementara Arief Yahya hadir dengan balutan pakaian adat masyarakat Banyuwangi lengkap dengan ikat kepala berwarna hitam, membuat keanekaragaman Indonesia sangat kental terasa dalam acara ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi dan Arief Yahya Hadiri FKMA 2018 Dalam Balutan Pakaian Adat", https://travel.kompas.com/read/2018/10/29/211500627/jokowi-dan-arief-yahya-hadiri-fkma-2018-dalam-balutan-pakaian-adat.
Penulis : Citra Fany Samparaya
Editor : I Made Asdhiana