JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan bertemu Perdana Menteri Australia Scott Morrison dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Singapura pada 13-15 November di Singapura. Hal itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, saat ditemui di Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Jakarta, Jumat (9/11/2018). Arrmanatha mengatakan dalam KTT ASEAN akan ada 17 pertemuan yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Di sela-sela pertemuan itu nantinya diadakan pertemuan bilateral antara Indonesia dan sejumlah negara, salah satunya Australia. "Nah antara lain dengan Australia, dengan tentu isu utama yang akan jadi perhatian adalah antara lain masalah kerja sama ekonomi," kata Arrmanatha.

Saat ditanya apakah Presiden Joko Widodo akan membahas wacana Australia memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem, Arrmanatha menjawab hal itu dimungkinkan dibahas. "Tidak menutup kemungkinan isu itu diangkat. Tapi saat ini tentu kita tidak tahu apa yang bapak presiden akan angkat secara bilateral," lanjut dia.

Indonesia memprotes sikap Australia yang berencana memindahkan kedutaan mereka ke Yerussalem. Protes disampaikan langsung Presiden Joko Widodo kepada Perdana Menteri Australia Scott Morrison lewat sambungan telpon. "Beliau ( Jokowi) berkomunikasi (dengan PM Australia). Tadi pagi," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (16/9/2018).