KBRN, Jakarta : Badan pemeriksa keuangan (BPK) RI terpilih menjadi secretariat ASEAN Supreme Audit Institutions (ASEANSAI) periode 2018-2023, melalui KTT ke 4 yang berlangsung di Laos, November 2017.

Pencapaian sustainable development goals (SDG’s) atau pembangunan berkelanjutan yang meliputi 17 bidang ditahun 2030, turut menjadi fokus utama BPK RI didalam kedudukannya sebagai secretariat ASEANSAI hingga  tahun ke depan.

Ketua BPK RI, Moermahadi Soerja Djanegara mengatakan, mendorong penyamaan persepsi anggota BPK di Kawasan ASEAN mengenai SDGs menjadi fokus BPK RI, terutama mengenai kesiapan pemerintah pusat hingga di daerah bagi sektor Pendidikan dan kesehatan.

“Menyamakan persepsi dengan teman-teman ASEAN soal SDGs. Kita share dengan BPK Negara-negara ASEAN. Misalnya, di negara lain untuk audit lingkungan juga didorong, agar tidak ada polusi terlalu besar. Dari 17 poin SDGs kita akan lihat pemerintah sudah melakukan seperti apa, roadmapnya seperti apa menuju 2030 itu yang kita audit. Misalnya, soal rencana Pendidikan, kesehatan,” papar Moermahadi Soerja Djanegara ketika ditemui usai meresmikan kantor secretariat ASEANSAI, bertempat di kantor pusat BPK RI, Senin (2/4/2018).

Dijelaskan Moermahadi, dari segi regulasi Indonesia dapat dikatakan maju lebih didepan dari sejumlah negara anggota ASEAN.

“Tapi kita lebih siap dari beberapa negara, kita diskusi di ASEANSAI, secara ASEAN (Indonesia lebih maju). Makanya, kenapa seminar dilakukan di sini seharusnya di Filipina tapi mereka tidak siap. Tapi, nanti mereka dapat share dari kita. Karena, kita untuk SDGs itukan ada keppresnya dan didalam Nawacita. Di negara-negara lain mungkin tidak ada ya,” ungkapnya.

Pada bagian lain Moermahadi Soerja Djanegara menyatakan, Lembaga pemeriksa berperan untuk mencapai kesejahteraan di dalam pembangunan yang berkelanjutan (SDGs).

“Lembaga pemeriksa memiliki fungsi untuk membantu dalam perencanaan implementasinya,” tegas Moermahadi.

Sementara, dengan adanya kantor Sekretariat ASEANSAI di Jakarta, BPK RI menyatakan berkomitmen untuk memfasilitasi pelaksanaan semua kegiatan ASEANSAI, serta, menjembatani kerjasama antara ASEANSAI dengan stakeholder dan Lembaga donor. (RM/HF) 

Selengkapnya RRI