Liputan6.com, Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia berkata sudah berhasil meredam Virus Corona (COVID-19). Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) semakin dilonggarkan untuk masuk ke fase pemulihan.  Fase ini disebut PKP-Pemulihan. Salah satu kelonggaran yang diberikan adalah perjalanan lintas negara bagian sudah mulai dibolehkan per 10 Juni mendatang.

Ini artinya masyarakat sudah boleh mudik mengunjungi orang tua di kampung halaman, kecuali jika di daerahnya masih kategori rawan corona.  "Jadi bagi mereka yang ingin mengunjungi ibu-bapak yang tinggal berjauhan di negara bagian lain, bolehlah demikian," ujar PM Malaysia Muhyiddin Yassin pada konpers di TV nasional, Minggu (7/6/2020). 

Meski boleh mudik, PM Yassin meminta masyarakat untuk mengikuti prinsip new normal. Ini terutama penting jika orang tua sudah masuk usia lanjut.  "Meski kita boleh mengunjungi mereka, tanggung jawab kita adalah melindungi mereka dari terinfeksi," ujar PM Yassin.

Liburan pun sudah dibolehkan oleh PM Yassin. Syaratnya pun sama, yakni mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga kebersihan diri. Untuk liburan ke luar negeri masih dilarang di fase pemulihan ini.