Ubud, Bali (ANTARA News) – International Telecommunication Union (ITU) mendorong negara – negara anggota ASEAN untuk terus memperbaiki jaringan telekomunikasi agar semua penduduknya mendapatkan manfaat dari teknologi dan internet.

“Jika semua wilayah di ASEAN terhubung dengan teknologi informasi dan komunikasi, saya yakin seluruh dunia tidak akan tertinggal,” kata Sekretaris Jenderal ITU, Houlin Zhao, saat ditemui di rapat Menteri Komunikasi se-ASEAN, TELSOM, TELMIN 2018 di Ubud, Bali, Kamis.

Beberapa negara anggota ASEAN tergolong memiliki populasi yang besar, diantaranya adalah Indonesia, Filipina dan Myanmar, namun belum seluruh wilayah negara tersebut terhubung dengan jaringan telekomunikasi termasuk internet.

Salah satu langkah yang ditempuh Indonesia untuk menghubungkan seluruh daerah dengan koneksi internet adalah dengan proyek Palapa Ring yang diperkirakan selesai pada 2019 mendatang. Zhao sudah mendengar rencana tersbut dan mengapresiasi rencana besar Indonesia yang dia sebut “ambisius” dan “sangat bagus”.