Jakarta - Negara-negara di kawasan ASEAN memiliki bentuk geografis yang beragam, salah satunya berbentuk protruded. Setidaknya ada dua negara yang berbentuk protruded di kawasan tersebut.

Protruded merupakan bentuk negara yang kompleks dan beragam. Secara geografis biasanya negara ini seperti terdapat 'tangan' yang memanjang.

Selain protruded, ada empat bentuk negara lainnya. Antara lain compact, yakni hampir menyerupai lingkaran, bentuk fragmented yakni terdiri dari kepulauan yang terpisah, bentuk elongated yaitu berbentuk memanjang, dan perforated yang didalamnya terdapat negara lain.

Negara Berbentuk Protruded

Negara yang berbentuk geografis protruded di kawasan ASEAN adalah Myanmar dan Thailand. Berikut kondisi geografis kedua negara tersebut:

1. Myanmar

Myanmar, juga disebut Burma, merupakan negara yang terletak di bagian barat daratan Asia Tenggara. Pada tahun 1989 nama resmi negara tersebut diubah dari Union of Burma menjadi Union of Myanmar; dalam bahasa Burma negara tersebut dikenal sebagai Myanma (atau lebih tepatnya Mranma Pra) sejak abad ke-13, dilansir dari Ensiklopedia Britannica.

Dikutip dari buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial oleh Nurhayati, Myanmar terletak di antara 10° LU-29,1° LU dan 92° BT-101° BT. Secara geografis, negara ini berbatasan dengan China di sebelah utara, Laos dan Thailand di sebelah timur, Laut Andaman di sebelah selatan, dan Teluk Benggala di barat daya.

Selengkapnya Detik.com