JAKARTA - Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jose Tavares menuturkan, Indonesia akan membantu Timor Leste untuk dapat menjadi anggota ASEAN. 

Berbicara saat ditemui acara ASEAN Diplomatic Gathering di Kantin Diplomasi Kemlu RI, Jose mengatakan, langkah Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN masih terhambat karena adanya satu negara anggota yang tidak setuju. Dia menyebut, ASEAN menganut prinsip konsensus, di mana setiap keputusan baru bisa diadopsi jika semua negara anggota telah setuju.

Jose menuturkan, Indonesia terus mencoba membantu Timor Leste untuk dapat menjadi anggota kelompok kerjasama Asia Tenggara. Bukan hanya dengan melakukan pendekatan terhadap negara anggota ASEAN, tapi Indonesia juga terus meninjau sejauh mana kesiapan Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN. 

"Tim Duta Besar RI untuk ASEAN Ade Padmo dan CPR sudah mengunjungi Timor Leste untuk meninjau kesiapan mereka menjadi anggota. Ke depannya, kami akan mengajak Timor Leste ke pertemuan-pertemuan tanpa pengambilan kebijakan," ucap Jose pada Selasa (11/12).

Dia lalu menuturkan, untuk mempersiapkan diri menjadi anggota Timor Leste, Indonesia akan membantu Dili dari segi pembangunan, baik infrastruktur, ekonomi, sumber daya manusia dan juga membantu untuk pembangunan berkelanjutan di Timor Leste.