RMco.id  Rakyat Merdeka - Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Khusus ASEAN (Special ASEAN Summit) dan KTT Khusus ASEAN Plus Threep (Special ASEAN Plus Three Summit) terkait Covid-19 melalui video conference akan dilakukan besok.

Pertemuan ini didahului pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri Negara Anggota ASEAN, 25th Meeting of the ASEAN Coordinating Council, melalui video conference pada pada  9 April yang lalu. Indonesia menjadi salah satu negara yang berinisiatif mengupayakan penyelenggaraan kedua KTT tersebut. Indonesia mendorong ASEAN bersatu melawan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kita tidak bisa menunda KTT tersebut saat dunia dan kawasan kita sedang berjuang hadapi Covid-19. KTT Istimewa ini sangat strategis untuk menyatukan langkah melawan Covid-19,” sebut Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam keterangan pers Sekretariat Kabinet, kemarin. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi), direncanakan mengikuti dua KTT Istimewa tersebut melalui video conference. Ini bukan kali pertama Jokowi mengikuti KTT melalui video conference. Pada 26 Maret lalu, Jokowi mengikuti KTT G-20 secara virtual di bawah keketuaan Arab Saudi.