Jakarta - Dalam sejarah pendiriannya, ASEAN memiliki tiga komite non ekonomi di samping lima komite ekonomi, yaitu COSD, COCI, dan COST. Apakah detikers tahu, COSD merupakan komite non ekonomi dalam ASEAN yang menangani masalah apa?


Committee on Social Development atau COSD merupakan merupakan komite non ekonomi dalam ASEAN yang menangani masalah pengembangan sosial. COSD dibentuk pada tahun 1978, seperti dikutip dari International Encyclopedia of Social Policy yang disunting oleh Tony Fitzpatrick dkk.

Komite COSD ASEAN bertugas untuk merekomendasikan kebijakan terkait kesehatan, pendidikan, tenaga kerja, perempuan, anak-anak, dan anak muda.

Kerjasama ASEAN pada kemiskinan di daerah terpencil lalu dimulai dengan ASEAN Plan of Action on Rural Development and Poverty Eradication pada 1997. Saat ini, kerjasama ASEAN di antaranya berlandas pada Ha Noi Plan of Action (1998), ASEAN Vision 2020 (1997), Plan of Action on Social Development (1994), Framework for the ASEAN Plan of Action on Rural Development and Poverty Eradication (1997), dan ASEAN Action Plan on Social Safety Nets (1998).