Bogor, Indonesia - Para Wakil Komisi HAM Antarpemerintah ASEAN - ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR) sangat antusias saat memenuhi undangan Pemerintah Indonesia pada Country Learning Visit di Bogor pada 2 Maret 2023.

Di Bogor, anggota AICHR yang berasal dari seluruh negara ASEAN berkesempatan untuk belajar sekaligus melihat dari dekat berbagai upaya Pemerintah Kota Bogor dalam mendorong promosi dan pemajuan serta pelindungan HAM di daerahnya.

Wakil Walikota Bogor Deddie Abdu Rachim yang menerima delegasi di Balai Kota Bogor sangat bangga atas kehadiran para wakil dewan HAM negara-negara ASEAN, dan menyampaikan keterbukaannya untuk membahas bersama pemangku kepentingan berbagai inisiatif dan tantangan penghormatan dan pemenuhan HAM dari segi pembuatan kebijakan dan pembangunan.

Direktur Kerja Sama Politik dan Keamanan ASEAN, Rolliansyah Soemirat sampaikan bahwa upaya Pemerintah Kota Bogor, dengan pemberdayaan dan pelibatan partisipasi masyarakat sejalan dengan perwujudan komitmen Indonesia pada promosi dan pelindungan HAM. Sementara itu, Wakil Indonesia untuk AICHR, Yuyun Wahyuningrum berharap bahwa kegiatan dapat menjadi sarana berbagi pengalaman dan best practices serta bertukar pandangan antara sesama negara ASEAN.

Keterbukaan ini tercermin juga dalam diskusi bersama Pemerintah Kota Bogor yang juga melibatkan berbagai komunitas dan LSM. Komunikasi yang baik antara masyarakat dan pemerintah menjadi salah satu kunci penanganan isu HAM di Bogor.

Selain itu, untuk melihat langsung perwujudan upaya pemenuhan hak atas pangan, delegasi diundang berkunjung ke Desa Agroeduwisata Mulyaharja dan dijamu masyarakat setempat dengan nasi liwet dan alunan musik khas Sunda sambil menikmati pemandangan sawah dari saung desa.

Para Wakil AICHR juga antusias berdiskusi dengan kelompok-kelompok tani dan pemangku desa mengenai bagaimana desa tersebut mampu bertransformasi menjadi desa yang mampu berdikari secara pangan sekaligus menjadi tujuan wisata yang produktif bagi warganya.

Country Learning Visit ke Bogor ini merupakan kegiatan yang untuk pertama kalinya dilakukan oleh AICHR. Kegiatan bertujuan untuk memfasilitasi ruang dialog antara AICHR dan AMS untuk lebih memahami pendekatan, tantangan dan program dalam perwujudan HAM, dalam hal ini untuk memahami kebijakan-kebijakan yang diambil Pemkot Bogor dalam pemenuhan HAM warganya. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan 36th Meeting of AICHR yang berlangsung sejak 27 Februari – 3 Maret 2023.

 

Sumber: Kementerian Luar Negeri