Ubud, Bali (ANTARA News) – Pertemuan ASEAN Telecommunication and Information Technology Minister Meeting (TELMIN) 2018 yang berlangsung di Ubud, Bali 3 – 6 Desember menyepakati sejumlah hal, salah satunya adalah bagaimana regional bersikap terhadap perusahaan over  the top (OTT).

“Kami akan menyambut baik platform untuk beroperasi di kawasan ini tapi, harus ada nilai tambah,”kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, saat jumpa pers bersama para Menteri Komunikasi ASEAN di Ubud, Bali, Kamis.

Penggunaan platform media sosial di kawasan Asia Tenggara menurut Rudiantara semakin signifikan, para pemimpin sepakat tidak ingin ASEAN hanya dijadikan pasar oleh penyedia platform. Awal tahun depan, negara – negara anggota ASEAN akan membuat forum konsultasi bersama untuk membahas kesepakatan dengan platform.

Forum konsultasi ini akan terdiri dari sektor publik dan swasta yang mendukung pertumbuhan layanan yang inovatif sekaligus menjaga privasi konsumen serta memastikan iklim kompetisi bisnis yang sehat.