Jakarta, Gatra.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) pada Senin ini (27/4) resmi meluncurkan kerja sama kesehatan AS-ASEAN. Kerja sama kemitraan jangka panjang ini bertujuan untuk mengatasi persoalan kesehatan yang timbul akibat pandemi Covid-19. Diketahui dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, AS telah menginvestasikan lebih dari US$3,5 miliar melalui kerjasama kolaboratif dengan negara-negara ASEAN.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan pihaknya akan melanjutkan kerja sama kemitraan dengan ASEAN untuk merespon kebutuhan kawasan. Sebelumnya pemerintah AS telah mengucurkan pendanaan darurat sebesar US$3,5 juta hingga tanggal 22 April untuk negara anggota ASEAN yang tengah berjuang melawan Covid-19.

“Saya dengan senang hati mengumumkan prakarsa U.S-ASEAN Health Futures untuk meningkatkan upaya kami dalam keamanan kesehatan melalui penelitian, kesehatan masyarakat, dan pelatihan generasi muda profesional kesehatan ASEAN,” ujar Pompeo dalam keterangan resmi yang disampaikan Kedubes AS, Senin (27/4).