Bisnis.com, SURABAYA - Sedikitnya ada 3 komoditas hasil pertanian hortikultura asal Jawa Timur kembali menembus pasar ekspor di Asean sejalan dengan peningkatakan produksi pertanian di Jatim.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan ketiga komoditas tersebut adalah mangga, bawang merah dan benih sayuran kangkung yang kali ini akan dikirim ke Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina bahkan sampai ke China.

"Kami mengapresiasi dukungan Kementan dalam mendorong ekspor komoditas pangan di Jatim, apalagi saat ini harga bawang merah sedang turun tapi kita semua mampu mengangkat harga sehingga petani tidak rugi," ujarnya di sela-sela pelepasan ekspor produk hortikultura Jatim, Senin (8/10/2018).

Adapun rincian ekspor 3 komoditas hortikultura tersebut yakni pertama, bawang merah yang ditarget 800 ton pada 2018 dengan volume ekspor awal 26 ton. Bawang merah asal Probolinggo dengan varietas super Philip ini diekspor ke Filipina oleh eksportir CV Bawang Mas 99.

Kedua, mangga varietas arumanis yang ekspornya ditarget 100 ton tahun ini dengan volume ekspor awal sebanyak 5 ton. Mangga asal Jombang, Kediri, Gresik, dan Lamongan ini akan diekspor ke Malaysia dan Singapura oleh eksportir PT Mahkota Multi Mandiri.

Ketiga, benih sayuran kangkung yang ditarget mencapai 800 ton dengan volume ekspor awal sebanyak 20 ton. Benih kangkung varietas KK Asa 04 asal Lamongan ini akan diekspor ke Vietnam, China dan Malaysia oleh eksportir PT Java Karlos Indonesia.

Herry Phio, eksportir bawang merah Jatim, mengatakan perusahaanya mulai melakukan ekspor sejak 2016 dengan tujuan Thailand, Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Selengkapnya Bisnis.com