SURABAYA, KOMPAS.com - Final Kualifikasi Regional Indonesia Timur Piala Presiden Esports 2020 sukses digelar di Grand Atrium Pakuwon Mall, Surabaya, Jawa Timur pada 11 - 12 Januari 2020. Tahap ini menyaring tim dan atlet-atlet Esports dari wilayah Indonesia Timur yang berhasil lolos dari tahap kualifikasi online.

Hasilnya, ada 10 pemenang yang akan melaju ke Final Nasional Piala Presiden Esports 2020. Mereka adalah Tim BIG AKAR sebagai pemenang game Free Fire, satu pemenang game eFootball Pro Evolution Soccer, dan delapan pemenang game Mobile Premiere League. Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha mengatakan, dukungan publik dan penggemar esports di Surabaya terhadap Piala Presiden Esports 2020 sangat menggembirakan.

Ia berharap animo ini akan terus meningkat seiring perjalanan turnamen yang akan memasuki babak Final Nasional di Jakarta pada 1- 2 Februari mendatang. "Para pemenang di Kualifikasi Regional Indonesia Timur ini telah membuktikan bahwa mereka layak melaju ke Final Nasional dan mewakili Indonesia menghadapi para juara dari negara-negara ASEAN lainnya," tutur Giring Ganesha seusai seremoni selebrasi dan penutupan Final Regional Indonesia Timur di Pakuwon Mall, Surabaya, Minggu (12/1/2020).

"Mari kita support mereka agar mampu mengemban tantangan menjadi juara dan mengharumkan nama bangsa di Piala Presiden Esports 2020," ucapnya.