Ubud, Bali (ANTARA News) – Pertemuan Telecommunications and Information Technology Senior Officials Meeting (TELSOM) dan ASEAN Telecommunications and Information Technology Ministers Meeting (TELMIN) di Ubud, Bali, antara lain menitikberatkan pada keamanan siber regional ASEAN dan data pribadi.

“Sangat dinamis, maka kami harus review ICT Masterplan 2020 ada beberapa isu yang perlu lebih diperdalam, terutama mengenai Cyber Security. Dari sepuluh negara ASEAN semua setuju itu merupakan tantangan yang perlu dicarikan solusinya, segera,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat ditemui di sela rapat, Rabu.

Sejauh ini, seperti dijelaskan Rudiantara, belum ada protokol di tingkat ASEAN yang mengatur apa yang harus dilakukan sebuah negara ketika negara lain di ASEAN terkena serangan siber. Menurut Rudiantara, para Menteri Komunikasi mengusulkan perlu ada pandangan yang sama untuk menyikapi serangan siber ini. Misalnya, jika terjadi serangan siber di sebuah negara, ia perlu segera memberi tahu negara lain untuk mendapatkan bantuan, atau sebisa lain melindungi agar serangan tidak meluas ke negara lain.