VIVA – Minggu pertama bulan Agustus 2018 ini menjadi kehormatan tersendiri bagi Indonesia dalam rangka menularkan gaya hidup sehat kepada masyarakat di negara-negara anggota ASEAN sekaligus sebagai negara pemimpin dan tuan rumah diluncurkannya program Hari Bebas Kendaraan (HKB) ASEAN (ASEAN Car Free Day).

ASEAN Car Free Day dapat menjadi sarana yang baik bagi pembangunan masyarakat ASEAN, terutama di bidang kesehatan, dengan bersama-sama melakukan aktivitas fisik dan edukasi kesehatan di sepanjang area Car Free Day.

“Peluncuran ASEAN Car Free Day merupakan sumbangsih Indonesia kepada ASEAN yang akan berulang-tahun ke-51 pada tanggal 8 Agustus 2018. Semoga peluncuran ASEAN Car Free Day menjadi momentum dalam menciptakan masyarakat yang sehat, tangguh, inklusif, dan harmonis di Asia Tenggara,” demikian sambutan Menko PMK, Puan Maharani, yang dibacakan oleh Deputi bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan, Kemenko PMK, Sigit Priohutomo, saat jumpa media peluncuran ASEAN Car Free Day  di aula Haritage, gedung Kemenko PMK, Jakarta, Minggu pagi.