TEMPO.COJakarta - Amerika Serikat menunda pertemuan tingkat tinggi dengan pemimpin ASEAN pada 14 Maret mendatang karena khawatir penyebaran virus Corona.

Presiden AS Donald Trump telah mengundang para pemimpin dari 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk bertemu di Las Vegas setelah ia tidak menghadiri KTT ASEAB di Bangkok pada bulan November.

"Ketika masyarakat internasional bekerja sama untuk mengalahkan virus Corona, Amerika Serikat, dalam konsultasi dengan mitra ASEAN, telah membuat keputusan sulit untuk menunda pertemuan para pemimpin ASEAN," kata salah satu sumber, seorang pejabat senior pemerintahan, seperti dilaporkan Reuters, 29 Februari 2020.

Pejabat itu menambahkan bahwa Amerika Serikat menghargai hubungannya dengan negara-negara anggota ASEAN dan menanti pertemuan mendatang.

Keputusan itu muncul di tengah kekhawatiran yang berkembang bahwa virus itu akan menyebar di Amerika Serikat ketika negara-negara melaporkan infeksi baru, perusahaan mengumumkan pembatasan pada perjalanan karyawan, dan pasar saham global terus anjlok.

Jumlah kasus virus Corona yang dikonfirmasi di Amerika Serikat masih relatif kecil yaitu sekitar 60 kasus, kebanyakan dari mereka adalah penumpang Amerika yang dipulangkan dari kapal pesiar Diamond Princess yang merapat di Jepang.

Selengkapnya TEMPO