Jakarta (ANTARA News) - Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN, Daniel Shields, menuturkan, kemitraan Amerika Serikat dan ASEAN ke depan akan berfokus pada lima aspek yakni kerja sama maritim, ekonomi, upaya mengatasi kejahatan transnasional, kolaborasi dengan para pemimpin ASEAN yang sedang berkembang serta pemberdayaan perempuan.

"Salah satu bidang yang akan kita jalani antara AS-ASEAN ke depan adalah bagaimana memperkuat kerja sama maritim di kawasan ini," kata Daniel dalam pengarahan dengan wartawan mengenai partisipasi Presiden Trump di KTT ke-31 ASEAN, lewat telepon dari Manila, di Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Jakarta, Rabu.

Shields menuturkan, kerja sama maritim menjadi isu penting bagi kedua pihak ke depan. Oleh sebab itu, masalah kemaritiman termasuk pelayaran menjadi masalah umum yang tidak biasa terutama dalam meningkatkan kegiatan ekonomi, mencegah kejahatan di kawasan maritim ASEAN serta menjaga keamanan dan stabilitas wilayah.

Dia menuturkan Amerika Serikat-ASEAN ke depan akan meningkatkan seluruh kemitraan ekonomi yang mana peran ini juga didukung dengan adanya keberadaan US-ASEAN Connect.

US-ASEAN Connect akan menghubungkan kawasan agar bisa berkoordinasi dengan lebih baik dalam hal hubungan ekonomi antar pemangku kepentingan termasuk pebisnis, investor dan wirusaha.

Selengkapnya: Antara