Bisnis.com, MANGUPURA — Ratusan akuntan se-Asean berkumpul di Bali untuk mengikuti The 1st Asean Chartered Professional Accountant (CPA) Conference 2019 di Bali.

Chairman Organizing Committee (OC) CPA Haru Koesmahargyo mengatakan kegiatan ini penting dilakukan untuk sharing diskusi tentang kebutuhan dan tantangan akuntan dimasa yang akan datang.

Pihaknya mendorong para akuntan memiliki uji kompetensi melalui CPA sesuai dengan kesepakatan dan kesetaraan kualifikasi tenaga kerja bidang akuntansi yang dituangkan dalam Mutual Recognition Arrangement on Accountancy Services (MRA on Accountancy Services). Dengan begitu, kata Heru penyandang gelar sertifikasi ini ke depan dapat membuka kantor layanan akuntan publik di Asean setelah memenuhi syarat yang telah ditentukan.

"Jadi para akuntan kita bisa membuka atau bekerja di negara tetangga misalnya Singapura. Pasar Asean yang luas dan banyak ini harus dimanfaatkan secara baik bagi akuntan kita. Tentunya dengan kualitas yang memadai salah satunya dengan memiliki sertifikat CPA karena aturan setiap masing-masing negara berbeda-beda," ujarnya saat di temui disela-sela The 1st Asean Chartered Professional Accountant (CPA) Conference 2019 yang digelar di Hotel Inaya Putri Bali, Badung, Bali, Rabu (16/10/2019).

Selengkapnya Bisnis.com