Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengukuhkan sebanyak 183 atlet pelajar Indonesia yang akan berjuang di ajang ASEAN Schools Games 2019. Pengukuhan dilakukan di Ballroom Rama Shinta Hotel Patra, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (17/7). Menpora optimistis seluruh kontingen bakal berjuang keras untuk meraih gelar juara umum di ajang kali ini.

"Saya bangga dan bersyukur melihat wajah-wajah yang penuh optimis dan meyakinkan dalam menjaga harkat dan martabat bangsa," kata Imam seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora. "Saya optimis kalian bisa menjadi juara di ASEAN Schools Games, bahkan menjadi juara di SEA Games, Asian Games, Olimpiade dan kejuaraan dunia lainnya, " tambahnya.

Meski menargetkan juara, Menpora juga mengingatkan seluruh kontingen agar menjunjung fair play dan persahabatan antarpelajar se-ASEAN. Terlebih kali Indonesia berstatus sebagai tuan rumah. "Kalian harus memberikan penampilan terbaik. Memberikan yang terbaik bukan berarti harus jadi juara dengan segala cara tapi menang dengan fair play, jujur, sportif dan menjunjung tinggi persaudaraan persahabatan di antara pelajar-pelajar se-ASEAN," katanya.