​Jakarta, ​Indonesia - Bertempat di Graha BNPB, Duta Besar Republik Korea untuk RI, Kim Chang-beom, telah menyampaikan dukungan Pemerintah Korea Selatan bagi penanganan Covid-19 di Indonesia pada 24 April 2020.  Bertindak sebagai wakil Pemri pada kesempatan tersebut Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri RI, Santo Darmosumarto, dan Direktur Optimasi Jaringan Logistik & Peralatan BNPB, Ibnu Asur.

Dukungan dimaksud terdiri dari 322 test kits dengan kapasitas sebanyak 32.200 tes, dan merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Korea Selatan terhadap Pemerintah Indonesia senilai USD 500.000.

Direktur Asia Timur dan Pasifik menyambut baik peningkatan kerja sama penanganan Covid-19 di Indonesia, yang merefleksikan semakin kuatnya persahabatan RI-ROK dalam kerangka Special Strategic Partnership (Kemitraan Strategis Khusus).

Dubes Korea Selatan dalam sambutannya menekankan arti penting hubungan RI-RoK melalui pepatah terkenal Indonesia, “ringan sama dijinjing, berat sama dipikul". Ditambahkan bahwa kedua negara adalah teman dekat, baik di saat suka maupun duka.

Pada 21 April 2020 lalu, Presiden Joko Widodo telah melakukan pembicaraan per telepon dengan Presiden Moon Jae-in. Kedua Kepala Negara menyampaikan komitmen untuk mempererat kerja sama internasional dalam penanganan Covid-19. Pemerintah Korea Selatan telah memprioritaskan Indonesia sebagai salah satu mitra utama bagi kerja sama penanganan Covid-19, termasuk di sektor produksi alat kesehatan.

Sumber (Kementerian Luar Negeri)