ARF Workshop : Raising Awareness and Promoting Cooperation on CBRN Risk Mitigation, Manila, 6-8 Maret


Negara-negara peserta ASEAN Regional Forum (ARF) kembali adakan kegiatan untuk memantapkan kerja sama dalam pencegahan kejahatan terorisme yang menggunakan bahan kimia, biologi, radioaktif dan nuklir (CBRN) dan bencana yang ditimbulkannya. 


Filipina, Amerika Serikat dan Kanada menjadi tuan rumah bersama kegiatan pelatihan dari tanggal 6 - 8 Maret di Manila, Filipina. 


Diikuti oleh unsur-unsur terkait dalam pencegahan, deteksi, kesiapsiagaan dan respon terhadap kejahatan dan bencana yang diakibatkan oleh penyalahgunaan CBRN, pelatihan ini ditujukan untuk mengembangkan lebih jauh kapabilitas dan kerja sama antar negara. 


Selain berbagi pengalaman dan menyampaikan kemajuan penanganan tanggap CBRN di level nasional dan regional, pelatihan ini juga dipertajam dengan diskusi di tiga isu yang besar yang dinilai penting ditingkatkan mekanisme kerja samanya yakni information sharing, regional response, dan facilitate technological resource access and support. 


Diperkaya dengan paparan INTERPOL, UNICRI, EU CBRN Risk Mitigation CoE, WHO, OPCW, pelatihan ini diharapkan mampu memberikan penyegaran informasi, peningkatan kapabilitas dan koordinasi yang makin erat di antara negara-negara peserta ARF.