​Bucharest, Rumania - Pada tanggal 2 September 2021, KBRI Bucharest selaku Ketua Bucharest ASEAN Committee (BAC) bersama dengan Kedubes negara-negara ASEAN (Thailand, Malaysia dan Vietnam) di Bucharest mengadakan acara pemberian bantuan kepada siswa di Special School No. 5 di sector 3 Bucharest. Tujuan kegiatan adalah dalam rangka memperingati HUT ASEAN ke-54 tepatnya pada tanggal 8 Agustus 2021.

Sekolah nomor 5 adalah sekolah yang dikhususkan untuk anak dengan kebutuhan khusus seperti Down Sindrom, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) dan anak-anak yang memerlukan curriculum khusus. Sekolah tersebut memiliki 170 siswa yang dibagi menjadi 20 kelas. Sekolah dilengkapi dengan ruangan-ruangan antara lain untuk kinetoterapi, logopedi, olah raga, dapur dimana semua anak terlibat dalam kegiatan.  Saat pandemi Covid-19, proses belajar mengajar secara langsung dihentikan dan dilakukan secara daring. Saat ini secara bertahap proses belajar mengajar secara langsung dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

BAC memberikan bantuan berupa alat sekolah dan buku tulis, barang promosi dan kue manis dan coklat. 

Saat menerima kunjungan dari perwakilan BAC yaitu Kedubes Indonesia dan Thailand, pihak sekolah Special School No. 5 menyampaikan terima kasih atas bantuan dan empati dari BAC yang datang langsung ke sekolah untuk bertemu dengan anak-anak yang berkebutuhan khusus. Ditambahkan kunjungan tersebut membuat anak-anak senang karena beberapa bulan mereka belajar secara online.

Dalam tanggapannya, Fungsi Politik, Hukum dan Keamanan (PHK) KBRI Bucharest menyampaikan bahwa bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan perhatian dari negara-negara ASEAN terhadap kelompok siswa yang berkebutuhan khusus terutama saat pandemi Covid-19. Sementara itu, perwakilan Kedubes Thailand, Ms. Sirimit Siripala menyampaikan bahwa bantuan tersebut dilakukan dalam rangka HUT ASEAN ke-54 pada tanggal 8 Agustus 2021 serta perlu dicarinya peluang kerja sama berupa kegiatan yang dapat melibatkan siswa-siswa sekolah Special School No. 5 di sector 3 Bucharest.

​Forum BAC adalah sarana untuk mempromosikan negara-negara ASEAN di Rumania. Kunjungan dan pemberian bantuan ke panti asuhan tersebut mendapat sambutan dari pengelola sekolah dan para orang tua dari murid yang memiliki kebutuhan khusus. Pihak sekolah sangat mendukung apabila kedepan BAC memprogramkan kegiatan yang melibatkan murid-murid yang berkebutuhan khusus.

Selengkapnya Kementerian Luar Negeri