Pembukaan Pendaftaran Nominasi untuk ASEAN Prize 2024

1 Maret 2024

JAKARTA – Pada tanggal 1 Maret 2024, ASEAN kembali membuka pendaftaran nominasi untuk ASEAN Prize 2023. Sejak tahun 2018, ASEAN Prize setiap tahunnya terus mencari individu maupun organisasi yang secara konsisten mengupayakan pembangunan berkelanjutan dan pada saat bersamaan juga selalu berupaya untuk memperkuat ASEAN Identity.

Nominasi yang masuk akan diseleksi oleh dewan juri yang diketuai oleh Sekretaris Jenderal ASEAN dan para mantan Sekretaris Jenderal ASEAN. Adapun, pemenang akan mendapatkan ASEAN Prize Trophy yang akan diserahkan pada kegiatan inti keketuaan ASEAN di bawah keketuaan Laos dan hadiah uang tunai sebesar US$20.000, yang disponsori oleh Temasek Foundation (Singapura).

Sejauh ini, ASEAN Prize telah dianugerahkan kepada 4 (empat) individu dan 2 (dua) organisasi. Tahun lalu, Nguyen Thi Tuyet Minh, aktivis yang menyuarakan pemberdayaan sosial ekonomi perempuan dari Vietnam, berhasil menerima ASEAN Prize 2023 atas dedikasinya dalam memberdayakan perempuan melalui komunitas bisnis di tingkat regional ASEAN. Komitmennya dinilai telah berkontribusi dalam membangun Masyarakat ASEAN yang inklusif dan turut membantu upaya mewujukan ekonomi yang berkelanjutan di kawasan. Tahun 2023 lalu, Nguyen Thi Tuyet Minh dan peraih ASEAN Prize 2022, Muhammad Iqbal Damit, menerima trophy ASEAN Prize yang diserahkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada saat upacara pembukaan KTT ke-43 ASEAN bulan September 2023 di Jakarta.

Nominasi dan Persyaratan ASEAN Prize 2024

  • Nominasi dibuka pada 1 Maret—31 Mei 2024.
  • Nominasi merupakan warga negara anggota ASEAN atau organisasi yang berbasis di ASEAN.
  • Nominasi harus menyertakan dokumen valid/yang dapat diverifikasi terkait prestasi/kontribusi berskala regional yang telah dilakukan dan berpengaruh terhadap ASEAN sejak peresmian Masyarakat ASEAN pada 31 Desember 2015.
  • Nominasi juga menyertakan rencana yang akan dilakukan apabila memenangkan ASEAN Prize 2023.
  • ASEAN Prize tidak menerima nominasi untuk diri sendiri (self-nomination).
  • Nominasi dan persyaratannya dikirimkan kepada ASEAN Prize National Focal Point Indonesia, yaitu Direktorat Kerja Sama Sosial Budaya, Kementerian Luar Negeri RI (email: dit.ksba@kemlu.go.id dan direktoratkfa@gmail.com) paling lambat pada tanggal 31 Mei 2024 pukul 15.00 WIB. Formulir nominasi dapat diunduh di https://asean.org/nomination-form/.***(Direktorat KSBA Kemlu)