Jakarta, 26 Agustus 2020 – Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto bersama para menteri lain yang tergabung dalam ASEAN Free Trade Area (AFTA) Council menyambut baik sertifikasi mandiri sebagai skema fasilitasi perdagangan terbaru yang akan segera diimplementasikan di ASEAN.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan AFTA Council ke-34 yang digelar secara virtual, Selasa (25/8). Pertemuan tersebut merupakan bagian dari rangkaian pertemuan ASEAN Economic Ministers (AEM) ke-52. “Para menteri dalam AFTA Council menyambut baik implementasi First Protocol to Amend ATIGA untuk ASEAN Wide Self Certification (AWSC), atau sering disebut sertifikasi mandiri, sebagai skema fasilitasi perdagangan terbaru yang berlaku efektif pada 20 September 2020,” kata Mendag Agus.

Sesuai namanya, skema fasilitasi tersebut akan memudahkan produsen dan trader yang berpredikat eksportir tersertifikasi untuk langsung membuat pernyataan asal barang secara mandiri. Hal itu dimungkinkan karena skema terbaru ini memangkas birokrasi penerbitan surat keterangan asal (SKA) bagi para eksportir yang sudah tersertifikasi. “Dengan demikian, pemanfaatan fasilitasi ini akan memberikan dampak positif bagi peningkatan ekspor Indonesia ke ASEAN,” tutur Mendag Agus.

Selengkapnya: Kementerian Perdagangan RI