Kuala Belait, Brunei Darussalam – Dalam melakukan tugasnya, Perwakilan Indonesia di luar negeri harus memberikan pelayanan yang terbaik, termasuk menyelenggarakan layanan konsuler dan ketenagakerjaan yang dekat dengan keberadaan para WNI. KBRI Bandar Seri Begawan, selenggarakan layanan kekonsuleran dan ketenagakerjaan di Hotel V-Plaza Kuala Belait, Brunei Darussalam (11-12/07/2020).

Kegiatan pelayanan tersebut diadakan untuk memenuhi permintaan para warga Indonesia di Kuala Belait yang kesulitan pergi ke KBRI di Bandar Seri Begawan untuk pengurusan dokumen pribadi seperti paspor, surat keterangan, serta masalah ketenagakerjaan. Acara pelayanan kali ini berbeda dimana baik pihak hotel tempat pelayanan, petugas KBRI dan pengunjung harus mematuhi protokol ketat kesehatan oleh Pemerintah Brunei. Hal ini ditandai dengan ruang pelayanan yang disterilkan oleh pihak hotel dengan disinfektan setelah setiap sesi pelayanan.

Selain konter pelayanan, kegiatan sosialisasi kebijakan ketenagakerjaan juga diadaptasi sesuai pandemi. Kegiatan yang biasanya dihadiri sekitar dua ratus WNI diubah menjadi acara webinar (web seminar) bertema kebijakan ketenagakerjaan dan penyelesaian masalah yang dihadapi para PMI di Brunei selama pandemi.Seminar daring  diisi oleh Atase Ketenagakerjaan KBRI Bandar Seri Begawan, Budi Wikaningtyas dan Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler, Arif Suyoko serta dapat diikuti oleh warga melalui aplikasi Zoom atau Facebook Live.

“Alhamdulillah, kita tetap dapat mengadakan pelayanan bagi para WNI di sini walau dengan segala keterbatasan dan protokol yang ketat. Hal ini sekali lagi membuktikan komitmen kami bahwa negara hadir bagi WNI di luar negeri, bahkan di saat pandemi," ujar Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, yang turut hadir membuka acara webinar.

Selengkapnya Kementerian Luar Negeri