Indonesia kembali menggelar Pertemuan High Level Task-Force on ASEAN Economic Integration (HLTF-EI) ke-44 di Senggigi, Lombok pada Minggu (30/7) dalam masa Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023. Deputi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Edi Prio Pambudi bertindak sebagai Ketua Pertemuan, dan pertemuan tersebut dihadiri Pejabat Tingkat Tinggi dari negara anggota ASEAN, termasuk Wakil Menteri Perdagangan dan Industri Timor Leste sebagai observer, dan Sekretariat ASEAN. 

“Tujuan kita bertemu adalah memastikan relevansi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan yang berkelanjutan, serta memastikan tidak ada yang tertinggal. Ketidakpastian dan megatren global mendorong perubahan struktural, sehingga ASEAN perlu meninjau kembali perkembangannya dalam mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN pasca 2025,” ungkap Deputi Edi.

Deputi Edi menekankan pentingnya semangat kolaborasi dalam menyusun Agenda Pasca 2025. “Kita dipersatukan oleh keberagaman dan semangat kolaboratif untuk mengembangkan Visi ASEAN 2045. Kita bersama-sama memulai perjalanan 20 tahun ke depan untuk mewujudkan transfromasi ekonomi dan sentralitas ASEAN,” ucap Edi.

Selengkapnya. Kementerian Koordinator Bidang Perkenomian Republik Indonesia