Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Panitia Pemilihan Duta Muda ASEAN – Indonesia 2019 (DMAI 2019) melalui Website Kementerian Luar Negeri dan Media Sosial Kementerian Luar Negeri tertanggal 15 Maret 2019 tentang Seleksi Tahap I Pemilihan Duta Muda ASEAN – Indonesia 2019, disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. HASIL SELEKSI TAHAP I – PENULISAN ESAI

 

  1. Hingga batas waktu yang ditentukan pada tanggal 7 Mei 2019 pukul 23.59 WIB, Panitia Pemilihan DMAI 2019 telah menerima 1038 (seribu tiga puluh delapan) calon peserta DMAI 2019.

 

  1. Panitia Pemilihan DMAI 2019 telah melakukan penilaian terhadap essay yang dikirimkan oleh calon peserta DMAI 2019. Berdasarkan hasil penilaian, diperoleh 105 (seratus lima) peserta DMAI 2019 dengan nilai essay terbaik (daftar terlampir sesuai urut abjad).

 

  1. 105 peserta DMAI 2019 sebagaimana disebutkan pada butir 2 berhak untuk melanjutkan proses seleksi Tahap II, yaitu Pembuatan Video Message.

 

  1. Keputusan Panitia bersifat final, mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.

 

  1. SELEKSI TAHAP II – PEMBUATAN VIDEO MESSAGE

 

PANDUAN PEMBUATAN VIDEO MESSAGE

 

  1. Setelah dinyatakan lulus Tahap I (penulisan essay), Peserta DMAI 2019 wajib membuat video singkat sesuai dengan tema yang ditulis dalam essay yang disampaikan pada Tahap I.

 

  1. Video dibuat dengan durasi 2 menit dengan menggunakan Bahasa Inggris.

 

  1. Video wajib diunggah melalui Youtube dengan judul: “Duta Muda ASEAN - Indonesia 2019 (Nama Lengkap Peserta).

 

  1. Video yang telah diunggah melalui Youtube wajib dipromosikan melalui Instagram dan wajib mentag akun IG @kemlu_ri dan @aseanadalahkita dan menambahkan tagar #aseanadalahkita dan #dutamudaasean2019. Pastikan akun Instagram tidak terkunci selama periode penilaian.

 

  1. Jumlah likes di Youtube selama periode penilaian akan menjadi salah satu kriteria yang dinilai oleh Panitia. Oleh karena itu, disarankan agar peserta pemilihan DMAI 2019 dapat mengunggah video message di Youtube dengan mempertimbangkan waktu yang diperlukan untuk mempromosikan dan meningkatkan jumlah likes di Youtube. Peserta juga dapat mempromosikan video yang diunggah di Youtube melalui berbagai platform media sosial.

 

  1. Jenis video dapat dibuat dalam bentuk vlog/drama/dokumenter, bukan animasi, dan dapat pula dilengkapi dengan infografis. Video diunggah dengan format high resolution/high definition.

 

  1. Video merupakan karya orisinil peserta dan belum pernah dipublikasikan dan diikutsertakan dalam perlombaan apapun sebelumnya. Pelanggaran dan gugatan atas hak cipta terhadap karya, score maupun aspek lain dari video merupakan tanggung jawab sepenuhnya peserta dan di luar tanggung jawab Panitia.

 

  1. Jika video menampilkan data dari individu/Lembaga lain, maka wajib mencantumkan sumber data yang jelas.

 

  1. Adapun 4 (empat) kriteria yang akan dinilai, yaitu:
    1. Kreativitas (penyajian materi dan message)                                  : 25%
    2. Konten (relevansi dengan tema essay Tahap I)                             : 25%
    3. Presentasi (public speaking, efektifitas penyampaian message)   : 25%
    4. Jumlah Likes (di Youtube, bukan Instagram)                            : 25%

 

  1. Panitia berhak menggunakan sebagian/keseluruhan video peserta selama ditujukan untuk kepentingan dokumentasi Ditjen Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri dalam kegiatan pemasyarakatan/sosialisasi mengenai ASEAN dengan tetap mencantumkan nama pembuat video.

 

  1. Video paling lambat diunggah pada tanggal 24 Juni 2019. Video yang diunggah melewati batas waktu yang ditentukan akan secara otomatis dinyatakan gugur.

 

  1. Pengumuman hasil penilaian video DMAI 2019 dijadwalkan pada tanggal 8 Juli 2019 melalui website dan Instagram Kemlu.

 

  1. Berdasarkan penilaian, Panitia Pemilihan DMAI 2019 akan memilih 20 (dua puluh) peserta terbaik untuk mengikuti kegiatan Orientasi dan Malam Final di Jakarta.

 

  1. Keputusan Panitia bersifat final, mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.

 

  1. Panitia Seleksi Pemilihan DMAI 2019 tidak memungut biaya apapun dalam Seleksi Pemilihan Duta Muda ASEAN- Indonesia 2019.

 

  1. Informasi resmi yang terkait dengan Seleksi Pemilihan Duta Muda ASEAN – Indonesia 2019 hanya dapat dilihat di website Kementerian Luar Negeri https://kemlu.go.id , Media Sosial Kementerian Luar Negeri @kemlu_ri , @dutamudaasean @aseanadalahkita.

 

           A.n. Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Direktur Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN

Riaz J.P. Saehu