Jakarta, 26 Agustus 2020 – Indonesia mendorong penguatan kerja sama negara-negara ASEAN menghadapi tantangan di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat menghadiri Pertemuan ke-23 ASEAN Economic MinistersASEAN Investment Area Council (AEM-AIA Council) melalui konferensi video pada Selasa (25/8).

Pertemuan ini merupakan salah satu rangkaian pertemuan AEM ke-52 yang diselenggarakan pada 22--29 Agustus 2020. “ASEAN harus bekerja sama dan berkomitmen untuk menjaga kawasan ini tetap terbuka bagi investasi global, meningkatkan kerja sama intra-ASEAN, dan menghindari penerapan tindakan pembatasan investasi yang tidak perlu,” tegas Mendag.

Pada pertemuan tersebut, Mendag Agus menyampaikan pentingnya investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI) bagi pemulihan ekonomi. ASEAN harus tetap menjadi kawasan yang menarik bagi penanaman modal di tengah pandemi Covid-19 dan ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang masih berlangsung.

Selengkapnya: Kementerian Perdagangan RI