Ditjen Kerja Sama ASEAN Kembali Gelar Parade ASEAN 50

Sebagai rangkaian peringatan hari jadi ASEAN yang ke-50, pada tanggal 26 November 2017 telah diselenggarakan di Kota Bandung. Parade di Bandung ini merupakan hasil kerja sama Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dengan Pusat Studi ASEAN dan Jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran.

Berlokasi di jalan protokol H. Ir. Juanda (Dago), Parade ASEAN 50 Bandung berlangsung dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB memanfaatkan momentum penyelenggaraan Dago Car Free Day. Kegiatan dikolaborasikan dengan pertunjukan budaya Jawa Barat, seperti Jaipong, Pencak Silat, aksi perkusi Tatalu hingga pelibatan komunitas cosplay Bandung.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk semakin memasyarakatkan ASEAN. Melalui kegiatan interaksi para diplomat Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN dan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Unpad dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya, diharapkan tujuan, visi, hingga manfaat dari ASEAN dapat tersampaikan kepada masyarakat.

Untuk menyebarluaskan profil serta capaian ASEAN, juga dibagikan brosur infografis dan buku publikasi mengenai ASEAN kepada para pengunjung Dago Car Free Day. Kuis-kuis interaktif yang diadakan selain untuk mengetahui sejauh mana pengenalan masyarakat akan ASEAN, juga digunakan untuk menilai apakah materi informasi yang disampaikan ditangkap dengan baik oleh masyarakat. Antusiasme masyarakat terlihat sangat tinggi dalam menyaksikan pertunjukan maupun menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

Bandung, 26 November 2017

Dit. KS Polkam ASEAN

Sumber foto: Metro TV News