Seoul, 18 Juni 2019 – Indonesia dan negara anggota ASEAN lainnya berpartisipasi dalam kegiatan ASEAN Week yang berlangsung selama tiga hari, yaitu pada 14—16 Juni 2019 di Seoul Plaza, Seoul, Korea Selatan. Partisipasi ini merupakan bentuk dukungan terhadap pelaksanaan ASEAN-Republic Of Korea (RoK/Korsel) Commemorative Summit yang akan digelar akhir tahun ini.

Ajang ini menampilkan berbagai pertunjukan yang memadukan budaya tradisional dan modern, peragaan busana, paviliun pariwisata, dan zona makanan. "Program ASEAN Week ini menjadi kesempatan Indonesia memperkenalkan budaya, fesyen, makanan, dan pariwisata agar lebih dikenal masyarakat Korsel.

Diharapkan melalui kegiatan ini tercipta kedekatan antara masyarakat Korsel dengan Indonesia yang nantinya memberikan dampak positif pada sektor pariwisata, investasi, dan perdagangan,” ungkap Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda selaku Dewan Direktur Indonesia pada ASEAN-Korea Centre (AKC).

Direktur Kerja Sama Ekspor Marolop Nainggolan menambahkan, pada ajang ini, AKC selalu dipercaya sebagai penyelenggara kegiatan dan telah berjalan selama 11 tahun. "Kerja sama ASEAN dengan Korsel melalui skema AKC sudah berjalan sejak 2018 dan setiap tahun selalu dilakukan koordinasi melalui Dewan Direktur masing-masing negara anggota ASEAN," tutur Marolop.

Indonesia turut memeriahkan kegiatan ini dengan menampilkan pertunjukan musik khas Sumatra Utara yaitu Gondang Saurdot. Selain itu, Indonesia juga menampilkan pakaian khas karnaval di paviliun pariwisata. Sementara itu, Kedutaan Besar RI mengkoordinasikan festival makanan dan peragaan busana. Pada peragaan busana tersebut Indonesia diwakili desainer Lia Mustafa.

Selengkapnya: Kementerian Perdagangan RI