Jakarya – Indonesia sebagai Chair ASEAN Senior Official Meetings on Health Development (SOMHD) menyelenggarakan pertemuan SOMHD ASEAN-Plus Three ke-10 pada tanggal 27 Agustus 2020 di Jakarta secara virtual. ASEAN Plus Three terdiri dari 10 Negara Anggota ASEAN dengan tiga negara mitra, yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan. Pertemuan diawali dengan penyerahan Keketuaan negara-negara Plus Three dari China kepada Jepang untuk periode 2020-2021.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, drg. Oscar Primadi, MPH dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa sejak pandemi merebak, ASEAN dan negara Plus Three telah aktif berkomunikasi dan bertukar informasi. Kerja sama yang terjalin antara ASEAN dan negara-negara Plus Three merupakan wujud dari kesamaan visi dari kedua belah pihak.
“Salah satu hal yang bisa kita pelajari dari pandemi adalah perlunya respons kolektif di kawasan dalam penguatan sistem kesehatan dan menuju Universal Health Coverage (UHC) sangat penting dalam mengatasi kasus yang luar biasai”, lanjut Sekjen Oscar.

Pertemuan SOMHD ASEAN-Plus Three membahas kemajuan kerja sama sejak pertemuan terakhir pada tahun 2019 di Kamboja. Pertemuan juga membahas dan menyetujui prioritas area kerja sama ASEAN Plus Three untuk tahun 2020-2021, yaitu percepatan respon terhadap pandemi COVID-19, kesiapsiagaan terhadap terjadinya pandemi dan kedaururatan kesehatan masyarakat di masa yang akan datang, penguatan kerja sama dalam platform ASEAN Emergency Operations Center (EOC), APT Field Epidemiology Training Network (APT FETN), Universal Health Coverage (UHC), resistensi antimikrobial, dan keamanan pangan.

Selengkapnya Kementerian Kesehatan