Jakarta: Uni Eropa telah memobilisasi paket "Tim Eropa" senilai lebih dari EUR800 juta (setara Rp13,5 triliun) untuk kawasan ASEAN. Mobilisasi paket bertujuan untuk mendukung negara-negara mitra ASEAN dalam menangani virus korona (covid-19) beserta konsekuensinya.
 
Melalui pendekatan "Tim Eropa" ini, Uni Eropa beserta negara-negara anggotanya dan lembaga-lembaga keuangan Eropa menggabungkan seluruh sumber daya. Dana tersebut akan mendukung upaya di setiap negara untuk mengatasi krisis darurat kesehatan, memperkuat sistem kesehatan, air dan sanitasi, serta mengurangi dampak sosial-ekonomi dari pandemi covid-19.

"Kita semua menghadapi krisis kesehatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan konsekuensi parah di Uni Eropa dan ASEAN," kata Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN Igor Driesmans, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Selasa 21 Juli 2020.
 
"Dengan semangat bekerja sama dan berdasarkan kemitraan antar kawasan yang telah berjalan selama empat dekade, kami telah memobilisasi paket 'Tim Eropa' senilai lebih dari EUR800 juta untuk membantu ASEAN dan negara-negara anggotanya dalam upaya mengurangi dampak ekonomi dan sosial dari pandemi virus korona," sambungnya.