Liputan6.com, Jakarta Tujuan ASEAN adalah menciptakan perdamaian dan kesejahteraan terutama bagi negara-negara yang mendeklarasikannya. Saat ini, negara-negara yang masih aktif tergabung dalam organisasi ASEAN diantaranya, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. 

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan organisasi geo-politik dan ekonomi. Tujuan ASEAN dibentuk tertuang dalam Deklarasi Bangkok. Selain tujuan ASEAN paling utama adalah menciptakan perdamaian dan kesejahteraan, ASEAN merupakan bagian dari wadah perdamaian dunia. ASEAN tepat dibentuk pada 8 Agustus 1967.

Implementasi tujuan ASEAN adalah menyentuh sampai sektor ekonomi, sosial, budaya, perdamaian, stabilitas regional, pertanian, industri, dan masih banyak lagi lainnya. Agar bisa memahaminya lebih jauh dan mendalam, berikut Liputan6.com ulas tujuan ASEAN adalah menciptakan perdamaian dan kesejahteraan, lengkap tujuan lainnya dari berbagai sumber, Jumat (28/5/2021).

Selengkapnya Liputan6