JOMBANG – Sebagai tuan rumah AYIC (ASEAN Youth Interfaith Camp) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 ASEAN, Kabupaten Jombang, yang berpredikat Kota Santri, bisa menjadi tonggak harmoni ESEAN. Di Jombang ini, akan muncul ‘Piagam Jombang’ guna merajut harmoni antara agama dan negara dunia.

Direktur Jendral Kerja Sama ASEAN, Jose Tavares mengatakan, sebanyak 150 pemuda dari sebanyak 21 negara sebagai pesarta AYIC. Mereka akan membahas bersama dalam rangka toleransi dalam keanekaragaman ASEAN.

Tujuannya  untuk mencapai harmoni di ASEAN  dan dunia. “Ini sangat penting karena berbagai latar belakang agama dan negara,“ ujar Jose kepada sejumlah wartawan di kampus Unipdu Jombang, Jumat (27/10/2017).

Jose Tavara berharap, dalam AYIC tersebut, muncul adanya “Piagam Jombang”. Dalam Piagam Jombang itu nanti, bertujuan agar bisa saling mengharagi saling moderasi sikap moderat dan sikap toleransi antara sesama di ASEAN dan dunia. “ Tentunya Piagam Jombang ini akan dibahas dan dicetuskan bersama,“ ujar Jose lagi.

Selengkapnya: Duta.co