MANILA, KOMPAS.com - Hasil pertemuan The 9th ASEAN Senior Officials Meeting on Sports (SOMS-9) di Manila, Filipina, membawa harapan agar ASEAN naik kelas di bidang olahraga. Salah satu yang mengemuka, tulis laman antaranews.com, adalah usulan olahraga tradisional ASEAN bisa dipertandingkan di perhelatan internasional.

Perhelatan internasional itu Asia Games maupun Olimpiade. Pertemuan itu juga menyebut bahwa tiga olahraga tradisional akan mampu mendongkrak pamor ASEAN. Meski begitu, ASEAN sadar bahwa diperlukan usaha yang tidak mudah untuk mencapai tujuan naik kelas tersebut.

"Cabang-cabang olahraga yang dimaksud adalah pencak silat, sepak takraw, dan muaythai," tulis pernyataan SOMS-9. Tak cuma itu, pembahasan ikhwal olahraga itu mengemuka pada soal dipertandingkannya pada perhelatan SEA Games.

Pada pertemuan SOMS-9, seluruh negara ASEAN sepakat berkoordinasi dengan National Olympic Committee (NOC) masing-masing agar pada SEA Games berikutnya, ASEAN konsisten hanya mempertandingkan cabang berbasis Olimpiade.